Senin, 02 Februari 2009

Donat Kentang Uenakkk Week NCC

Di millist NCC , lagi rame ngebahas donat kentangnya mba Fat yg uenakkk & maknyusss ... karena banyak yg kepengen coba buat , jadi di buatlah Donat Kentang Week dengan resepnya mba Fat... dan yg ikutan buat donat bisa ambil logonya di blognya Ina Lariz , salah satunya seperti ini .....

Aku yg cuma jadi pembaca setia , jadi kepengen juga buat secara udah lama banged nggak buat donat ... jadilah hari sabtu & minggu buat donat ... sabtu buat 1/2 resep - buat bawa ke rumah mami mertua... ludessss abisss nggak tersisa .. abiss empuuuuuk bangeddd ... dan yg pasti donat yg lain lewat deh .. secara aku juga lebih suka donat kentangnya NCC ini ... karena permintaan hubby tercinta jadi hari minggu buat lagi 1/2 resep karena kentang kukusnya juga masih ada sisa kemarin ... alhamdulillah jadi punya makanan untuk buka puasa sunah senen ini :)



Cara gorengnya di putar-putar gunakan sumpit ... pelajaran dari mba Fat ... :)

nggak lama donat mumplu - mumplu tersedia , kata mama seperti pipi yg buat 'chubby' :)


Kalo hubby sukanya yg di kasih topping coklat seperti ini ... he...he.. he.. ini juga kesukaan putri tercinta nih .. kalo ada pasti nggak cukup dua ! :)

Tapi kata mama ... di makan begitu juga udah enak ( yg lebih seneng donatnya di cocol gula halus aja dari pada di campur) .. hmmm... lembut banged deh donatnya .. emang resepnya mba Fat ... TOP BGT deh ! ^_^


Yang mau coba juga nih resepnya :

DONAT KENTANG – NCC

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin - kemarin pake susu ultra

Cara membuatnya:

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Tidak ada komentar: