Rabu, 11 Februari 2009

Lemon Custard Pie

Semenjak ginjal kananku di laser karena ada batu ginjalnya ... ( " kok ya mami Pinkan makan batu .. apa nggak ada makanan yg lain ? .. he...he..he..) ... jadi untuk menjaga agar batu ginjal tidak datang berkunjung lagi :) .. jadi di rajinin deh untuk selalu mengkonsumsi salah satu obat tradisionil minum air perasan jeruk nipis ato lemon.

Jadi sudah 3 tahun ini tiap hari aku minum perasan jeruk nipis/lemon 2 buah sehari , biasanya cuma di kasih madu aja biar rasanya nggak terlalu kecut. Bagusnya lagi ... air jeruk nipis dan lemon ini tidak membuat lambung sakit .. duuuuh .. emang Allah is the best deh ... kebayangkan kalo batu ginjal baik eh... lambung sakit .. gimana coba ? :)

Karena stock buah lemon/jeruk nipis ini selalu ada di kulkasku , hari ini karena lihat resep lemon custard pie di 'joy of baking.com' jadi kepengen bikin pie ini. Seger kali yaaa.. sekali - kali bikin pie dengan rasa lemon ... rasanya pasti nano - nano .. crust yg manis ..dengan topping yang asam seger ... hmmmm jadi ngiler deh :)

So semalam di niatin untuk buat, sambil nonton 'Apa kabar Indonesia malam di TV ONE (favorit acara nih ^_^ ) .. buat crustnya dulu ... nggak lama .. selesai langsung baking ... buat untuk isinya ... biar tambah seger hasil akhir kasih jeruk mandarin kaleng yg di siram sedikit agar+ agar yg di campur air jeruk ... hmm masukkin kulkas ...setelah dingin .. hmmm enak :)

jadi deh pagi ini sarapan lemon custard pie + hot lemon tea ... :)


Ini resepnya buat yg mau coba juga ,

Sweet Pastry Crust:

1 1/2 cups (210 grams) all purpose flour – aku pake segi tiga biru 210 gram

1/8 teaspoon salt – garam

1/2 cup unsalted butter, room temperature – 113 gram butter anchor

1/4 cup granulated white sugar – gula castor 50 gram

1 large egg, lightly beaten – 1 butir telur

Lemon Curd:

3 large eggs – 3 butir telur

1/3 cup fresh lemon juice (2-3 lemons) - 80 ml air perasan jeruk lemon

3/4 cup granulated white sugar – 150 gram gula castor

4 tablespoons unsalted butter – 55 gram butter anchor

1 tablespoon lemon zest – essence lemon 1 sdm

Aku tambahin 50 gram maizena + 50 ml susu cair/air

For Lemon Curd:

- Kocok telur , gula & air perasan jeruk lemon sampai rata

- Tambahan maizena yg sudah di larutkan dgn air / susu - masak sambil terus di aduk hingga warnanya berubah & mengental (kira-kira 10 menit) - angkat dari api

- Lalu masukkan butter – aduk hingga mencair

- Tambahkan essence lemon – aduk rata – dinginkan

Sweet Pastry Crust:

- Campur tepung dan garam

- Kocok butter & gula sampai lembut

- Lalu masukkan telur – kocok sampai rata saja

- Lalu campurkan tepung – aduk hingga rata

- Bulatkan adonan – bungkus dengan plastik – masukkan kedalam kulkas 30menit.

- Gilas tipis sebagian adonan, letakan diatas loyang pie (spring form) yg telah diolesi mentaga

- Lalu ratakan dan tekan2 agar melekat pada cetakan, sisihkan

- Oven dalam suhu 180C selama 30 menit atau sampai permukaannya menguning ...

- Setelah matang angkat – dinginkan – lalu isi dengan lemon custard – ratakan – masukkan ke kulkas

Note : Kemarin aku kasih untuk toppingnya jeruk mandarin kalengan,Air jeruknya (kira-kira 100 ml) aku didihkan dengan 2 sendok makan agar2 warna putih + gula 1 sdm makan, setelah uap panasnya hilang,Siram di atas jeruk, masukkan kembali ke kulkas

Btw jeruk lemon punya manfaat lebih daripada sekadar dibuat minuman/ limun. Kita dapat menggunakan air jeruk lemon sebagai pemutih alami yang dapat menghilangkan segala macam noda. Tinggal tuang beberapa tetes ke atas noda atau rendam seluruh kain dalam larutan air jeruk lemon. Jeruk lemon juga dapat membuat Anda merasa lebih baik. Tambahkan saja ke dalam teh Anda untuk mengurangi demam, asam lambung, dan bahkan radang sendi. Oleskan sedikit air jeruk lemon untuk membasmi kuman pada luka, menyembuhkan sariawan, dan menyejukkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Yang tidak kalah pentingnya,makanan & minuman yg terbuat dari jeruk lemon buatan rumah sangat enak, menyegarkan, dan penuh dengan vitamin C... apalagi di cuaca yg dingin spt ini .. kita butuh vitamin C lebih lagi ..biar nggak gampang terkena flu! ^_^

PS : Resep asli bisa di lihat disini : http://joyofbaking.com/LemonCurdTart.html

Tidak ada komentar: