Senin, 05 Mei 2008

Onde - Onde

Seperti biasa kalo sabtu mama minta di buatin kue untuk pengajian mingguannya. Itu juga bilangnya kalo nggak cape & sempet. Nggak usah yg ribet katanya , terus tanya bisa buat onde-onde nggak ?.. aku bilang blom pernah buat tapi nggak ada salahnya dicoba...dan ternyata gampang ..nggak ribet ... alhamdulilllah jadi deh si onde - onde :)

Untuk isi bagusnya sih yg kacang hijau sudah lepas kulitnya, tapi berhubung nggak ada pake yga ada aja deh ... :)


Goreng sebentar di api yg kecil ..jadi nggak meletus .. dan ini hasil matangnya ...ternyata garing dan empuk di dalam...hmmmm enak juga .. untuk bikinan pertama ^_^


Untuk yg mau coba ini resepnya :

Bahan Isi :


250 gram kacang hijau kupas

200 gram gula putih

½ sendok teh vanili

½ sendok teh garam

2 lembar daun pandan

100 ml air


Bahan Kulit :


400 gram tepung ketan

50 gram tepung beras

½ sendok teh garam

½ sendok teh vanili

50 gram gula putih

2 buah kuning telur

320 ml air hangat

150 gram wijen putih untuk baluran

Air secukupnya untuk mencelup

Minyak secukupnya untuk menggoreng


Cara Membuat :


Isi : rendam kacang hijau selama 2 jam, lalu kukus hingga matang, angkat langsung dihaluskan ketikan masih panas. Campur dengan gula putih, vanili, garam , daun pandan & air. Masak dengan api kecil sambil terus di aduk.

Kulit : campur tepung ketan, tepung beras, garam, vanili, & gula putih aduk rata. Tambahkan kuning telur aduk rata. Tuangkan air hangat sedikit-sedikit sambil di uleni hingga adonan licin & tidak lengket.

Ambil satu sendok adonan , pipihkan , beri adonan isi secukupnya, bentuk bulat , celupkan kedalam air putih, lalu gulingkan ke dalam wijen. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Goreng onde-onde di atas api kecil hingga kuning kecokelatan, tiriskan, hidangkan.

Note: kemarin buat di timbang kira-kira 30 gram, dapat 27 biji onde-onde matang.

Source Buku “ Aneka jajan Pasar Populer” Timdapur Demedia

Tidak ada komentar: