Senin, 14 Januari 2008

LABU PARANG - PUMPKIN PIE

Labu parang/wuluh/merah tidak hanya enak untuk dibuat kolak, bisa juga dibuat roti, kue bolu, martabak, puding, pie dan jenis yang lain. Bahkan, buah labu dapat dimasak untuk sayur dan dodol.

Jika dimasak untuk kolak, sebaiknya bijinya disertakan. Menurut hasil sejumlah penelitian, biji labu (yang merah atau kuning) banyak mengandung zat yang berguna bagi kesehatan. Dalam biji labu yang berwarna merah, ditemukan sejumlah asam amino yang langka, seperti m-karboksifenilalanina, pirazoalanina, asam aminobutirat, etilasparagina, dan strulina.

Biji labu merah juga mengandung mineral Zn (seng) dan Mg (magnesium), yang sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi, termasuk kelenjar prostat. Ada juga kandungan lemak utama, seperti asam linoleat, asam oleat dan sedikit asam linolenat. Juga vitamin E (tokoferol) dan karotenoid, yaitu lutein dan beta-karoten.

Buah labu juga mengandung sejumlah asam amino penting yang diperlukan kelenjar prostat, yaitu alanina, glisina dan asam glutamat. Asam amino ini ditemukan baik di labu merah maupun labu kuning. Dari berbagai literatur ditemukan asam amino ini memiliki khasiat bisa mencegah atau mengatasi hipertrofi atau pembesaran prostat jinak (begin prostatic hyperplasia) pada kaum pria. Hipertrofi adalah salah satu penyakit yang ditakuti kaum pria dewasa karena di sinilah diproduksi cairan prostat yang akan menyediakan makanan bagi sperma. Kerusakan kelenjar prostat yang ditandai ketidakmampuan memproduksi cairan prostat akan berujung pada kemandulan.

Pemanfaatan biji labu untuk pengobatan hipertrofi sudah dikenal sejak jaman baheula. Dr. W. Devrient dari Berlin Jerman menganjurkan kepada pasiennya agar mengonsumsi biji labu, terutama labu merah, secara teratur untuk menghambat pembesaran kelenjar prostat. Bahkan, biji labu merah diyakini punya khasiat memudakan kembali daya seksualitas pria (ayo bapak2 banyak makan labu nih ^_^ )

Labu diduga berasal dari Amerika tropis dan di Indonesia sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu dengan varietas cukup beragam. Secara umum, berdasarkan warnanya, buah labu dibedakan menjadi dua, yaitu labu merah dan labu kuning. Menurut Gembong Tjitrosoepomo (1994), ada dua jenis labu merah, yaitu Duch ex Poir dan Cucurbita pepo L. Keduanya sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di tanah air.

Labu dapat dikembangkan secara cepat melalui perbanyakan dengan biji. Setelah ditanam selama 4-5 bulan, labu akan berbuah dan pada bulan kelima buah labu sudah bisa dipanen (penulis 'Khudori alumni Fakultas Pertanian Universitas Jember').


Alhamdulillah salah satu oleh-oleh pamanku adalah labu parang, bulat spt di photo itu jadi deh kepengen buat sesuatu yg lain dari cuma kolak atau gulai labu (ini biasanya dikasih ikan jambal roti bakar). Cari-cari resep di internet dpt deh resep dari my home pumpkin recipe. Ini resep aslinya :

Pumpkin Piecrust Ingredients

2 Cups Flour (all-purpose) - kira-kira 250 gram

1 Teaspoon Salt

1 Tablespoon Sugar

6 Tablespoon Butter - 100gram margarin
6 Tablespoons Crisco (shortening, also known as vegetable fat) -
nggak pake cukup margarin aja :)

6 to 7 Tablespoons Ice Water

Kalo aku tambah 1 kuning telur, tambah kelapa muda yg di parut memanjang , topping almond

Step One: Putting it all together

In the mixing bowl stir together:

2 Cups Flour

1 Teaspoon Salt

1 Tablespoon Sugar

After this use the pastry cutter to thoroughly chop in:

6 Tablespoons Butter (soften this in the microwave.)

6 Tablespoons Crisco

Then use the pastry cutter to cut in the right amount of ice water.

Pumpkin pie filling :

3/4 Cups Sugar - 100 gram,bisa dikurangin nih (75/50gram) kemarin agak manis krn mungkin labunya juga udah manis.

1/2 Teaspoon Salt

1 Teaspoon Ground Cinnamon

1/4 Teaspoon Ground Ginger – jahe setengah ruas jari di parut – peras biar tidak terlalu berair

1/8 Teaspoon Ground Cloves

2 Large Eggs

1 Can (15 Ounce) Pure Pumpkin - kemarin aku buat dr 450 gram labu yg di kukus

1 Can (12 Fluid Ounces) Evaporated Milk - krn nggak punya jd pake yg ada aja,susu UHT low fat 100 ml

First, combined and mix thoroughly all these dry ingredients:

3/4 Cups Sugar

1/2 Teaspoon Salt

1 Teaspoon Ground Ginger

1/8 Teaspoon Ground Cloves

Now place this mixing bowl to the side and set your oven temperature to 425 degrees F.

In a new mixing bowl beat 2 eggs. Then thoroughly stir in the caned pumpkin and the spices placed aside from step one. After all this is blended together stir in the one can of evaporated milk.


Place your pumpkin pie in the oven (425 degrees F.) Allow the pie to bake for 15 minutes. Then, once 15 minutes has passed, take the tinfoil mentioned above, fold it into quarters, and cut out a quarter circle from the interior corner of the folded sheet. When you unfold the sheet, the picture to the upper left should be the result. When doing this, it is important not to cut the hole two small, which will prevent part of the pie from thoroughly cooking. The tinfoil should just cover the edge of the crust. Place this on your pie, and then, reset the oven to 350 degrees F. Continue to let your pie bake for 40-50 minutes. To test and see if your pie is completely cooked, insert the end of a knife into the middle of the pie. If it comes out dirty, continue to cook it for a few more minutes, and then repeat this step. If it comes out clean, your pie is done! ... Now you can enjoy your pumpkin pie! :)

Hmmmmm harum deh wangi cinnamonnya berasa …. masih panas nih baru diangkat dr oven


Now you can enjoy your pumpkin pie! :)

Setelah dingin coba 1 potong … ternyata rasanya unik banged … renyahnya crust,di padu dgn manisnya labu, gurihnya kelapa muda dan kayu manisnya …hmmm enak banged deh .. nggak nyesel deh buatnya :)

Tidak ada komentar: