Senin, 31 Desember 2007

LAPIS LEGIT

masih hangat nih baru diangkat dr oven ... hmmmm wangi deh...... :P

Nah di photo dulu ya ... sebelum di nikmati .... :) ..ternyata rasanya wooww .. coba deh bikin pasti bisa bilang gimana rasanya!

Yang topping keju ini di tambah bumbu spekuk (lapis legit) untuk mama tercinta :)


Nah kalo yg topping kismis ini untuk ayah & ibu mertua tercinta .. mudah2an beliau suka ^_^

Waktu liat laporan Widya soal lapis legit di NCC, kepikir sabar nggak ya aku buat kue ini, dan liat penampilan photo lapis legitnya Widya udah berasa di lidah rasanya yg pasti super duper nendang,hmmmm makannya harus dinikmati nih setiap gigitan.

Akhirnya sabtu kmarin krn nggak ada acara kemana-mana di tekadkan untuk buat, dan hubby tercinta mendukung banged waktu bilang mau buat lapis legit ini, dan memberi semangat 'kamu pasti bisa! ^_^ thanks ya sayang untuk penyemangatnya.

Ternyata memang butuh kesabaran, mungkin proses kocok mentega + telurnya nggak bikin ribet, yg ribet ketika proses pemanggangan, sempet baru 2 lapis gosong krn terpatok dgn waktu pemangggangan api atas yg dlm resep bilang 10mnt,jd ganti loyang lagi, ternyata tergantung panas oven kita, nggak smp 5 mnt udah kuning kecoklatan, lalu lapis lagi deh, seterusnya spt itu, dan setelah acara lapis melapis, tekan menekan, selesai jg deh.

Dan memang spt yg Widya bilang ... rasanya super banged deh, hubby smp nggak berhenti makan (awas kolesterolmu sayang), dan minggu kemarin buat lagi 2 untuk di kasih ke mama & mertua tercinta (toping kismis & keju), Cuma kali ini aku tambahkan bumbu spekuk krn mau tau aja bedanya dr yang pertama (lapis legit almond, rasa susunya yg dominan).
Hari ini rencananya mau kesana krn setengah hari di kantor ....pasti nggak ada yg percaya aku bisa buat :)

Buat yang mau coba ini ya resepnya ....

Lapis Legit
1/2 Resep Ny. Liem


Bahan:

A.
25butir Kuning Telor
150gram Gula Halus
1/2 sdt vanili bubuk

B.
200gram Mentega
150gram Margarine
2sdm Susu Kental Manis

C.
35gram Tepung Terigu
10gram Susu Bubuk

Cara Membuat:

1. Kocok Bahan B sampai lembut & putih. Sisihkan.
2. Ayak bahan C jadi satu, sisihkan.
3. Kocok Bahan A sampai naik & kental. Masukkan bahan B, kocok rata. Masukkan bahan C, aduk rata dengan spatula.
4. Tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti & dioles mentega, aku pake loyang loaf ukuran 24x14x7cm.
5. Oven dengan menggunakan api bawah selama 10 menit dengan suhu 170dC
6. Angkat dari oven, tekan2 permukaan cake dengan alat khusus (aku pake "setrika" untuk ngalusin fondant), kemudian tuangi lagi dengan 1 sendok sayur adonan cake keatas lapisan pertama, ratakan. Panggang dengan api atas selama 10 menit. Lakukan sampai adonan habis, taburi lapisan atas dengan almond iris sebelum dipanggang.
7. Terakhir, panggang dengan api bawah selama 10 menit



Tidak ada komentar: